Terminologi Waralaba atau Franchise Yang Sering Digunakan

Terminologi Waralaba atau Franchise Yang Sering Digunakan

Berikut ini adalah beberapa Terminologi Waralaba atau Franchise yang sering digunakan ataupun ditemukan.

Artikel ini bertujuan untuk membantu pemahaman Anda perihal waralaba atau franchise, oleh karenanya, Anda juga harus mengerti beberapa terminologi waralaba atau franchise yang sering digunakan.

Untuk yang kurang familiar dengan istilah term, mungkin sudah pernah kenal dengan istilah terminologi. Term adalah kata. Namun kata ini adalah ekspresi verbal dari pengertian. Artinya, term adalah kata yang memiliki definisi. Dengan kata lain, terma adalah istilah yang digunakan untuk mewakili pengertian tertentu. Sedangkan terminologi adalah ilmu tentang istilah dan penggunaannya.

[sociallocker]

Format bisnis atau model bisnis waralaba: Jenis waralaba tidak hanya mencakup produk, layanan dan merek dagang, tetapi juga metode lengkap untuk melakukan bisnis itu sendiri, seperti rencana pemasaran dan manual operasi.

Pernyataan Pengungkapan: Juga dikenal sebagai FDD (Franchise Disclosure Document), atau Dokumen pengungkapan Waralaba, dokumen pengungkapan memberikan informasi tentang franchisor dan sistem franchise atau waralaba.

FDD: Dokumen Pengungkapan Waralaba. FDD, adalah format untuk dokumen pengungkapan yang menyediakan informasi tentang franchisor dan sistem waralaba atau franchise kepada franchisee.

Waralaba: Izin yang menggambarkan hubungan antara franchisor dan franchisee termasuk penggunaan merek dagang, biaya, dukungan dan kontrol.

Perjanjian waralaba: kontrak tertulis antara franchisor dan franchisee yang mencantumkan kewajiban dan hak dari semua pihak yang terlibat.

Franchisee: Orang atau perusahaan yang mendapat hak dari franchisor untuk melakukan bisnis di bawah merek dagang franchisor.

Waralaba: Sebuah metode ekspansi bisnis ditandai dengan lisensi merek dagang, pembayaran biaya, dan layanan menyeluruh dan kendali manajemen.

Franchisor: Orang atau perusahaan yang memberikan hak kepada franchisee untuk melakukan bisnis di bawah merek dagang mereka.

Distribusi produk franchisee: Sebuah waralaba yang hanya menjual produk franchisor tanpa menggunakan metode dan sistem bisnis franchisor dalam pelaksanaan operasionalnya.

Royalti: Pembayaran biasa dilakukan oleh franchisee kepada franchisor, biasanya berdasarkan persentase dari penjualan kotor franchisee.

Merek: Tanda, nama merek dan logo yang mengidentifikasi franchisor yang dilisensikan kepada franchisee.

[/sociallocker]

Storania.com menghadirkan Direktori Waralaba. Bacaan hal lain yang masih berhubungan dengan Terminologi Waralaba atau Franchise Yang Sering Digunakan:

No Comments
prev next
Leave a comment
WA Storania.com