Teliti Jeli Memilih Waralaba Dengan Investigasi Riset Pasar

Teliti Jeli Memilih Waralaba Dengan Investigasi Riset Pasar

Memilih waralaba juga perlu melakukan investigasi riset pasar.

[sociallocker]

Jadi, bagaimana melakukan penelitian secara jeli untuk memilih waralaba atau franchise sebelum membelinya dengan investigasi dan riset pasar?

Hal termudah yang mungkin akan Anda lakukan pertama kali adalah dengan berbicara kepada para franchisee yang sudah membeli waralaba atau franchise, jika Anda mengetahui pemiliknya. Namun, tentu hal ini akan mendapatkan jawaban yang kemungkinannya adalah 50-50 tergantung dari seberapa kenal dekat dengan pemegang lisensi waralaba tersebut. Jika tidak terlalu kenal, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan jawaban yang tidak sepenuhnya benar. Karena mereka tentu akan juga turut menjaga nama baik dari merek franchise yang mereka sudah beli.

Akan lebih efektif bila Anda mencoba googling atau lihat dari media sosial guna memastikan apakah usaha atau bisnis para franchisee lainnya lancar, ramai dikunjungi dengan melihat respon dari para pelanggan langsung terhadap produk dan jasa yang diperjualbelikan lalu perhatikan bagaimana mereka menanggapi keluhan pelanggan. Jika memungkinkan cobalah untuk berbicara langsung kepada konsumen akhir, apa yang mereka sebetulnya rasakan dan inginkan.

Hal yang tak kalah penting untuk diteliti dan di-investigasi adalah:

  • Seberapa kenal masyarakat dengan merek waralaba atau franchise;
  • Bagaimana reputasi brand yang ditawarkan. Seberapa positif tanggapan masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan;
  • Siapa saja para pemain pasar di bidang yang sama, dan bagaimana kondisi bisnis mereka saat ini serta tanggapan pelanggan terhadap produk pesaing;

Dengan demikian, sama hal-nya seperti memulai bisnis atau usaha lain. Membeli waralaba atau franchise tentu ada resikonya. Penelitian menunjukkan bahwa para pembeli bisnis waralaba atau franchise yang sukses telah melakukan:

  • Riset pasar secara menyeluruh.
  • Riset untuk memperkirakan kekuatan keuangan daripada si franchisor.
  • Menggunakan penasihat hukum dan konsultan keuangan pribadi bukan dari yang disediakan oleh franchisor.
  • Mengembangkan rencana pemasaran.
  • Memiliki rencana bisnis yang jelas.
  • Memiliki pengalaman dalam bidang waralaba / franchise yang dibeli.

Sudahkah Anda teliti dengan benar waralaba atau franchise yang akan Anda beli?

[/sociallocker]

Storania.com menghadirkan Direktori Waralaba. Bacaan hal lain yang masih berhubungan dengan Teliti Jeli Memilih Beli Waralaba Dengan Investigasi Riset Pasar:

No Comments
prev next
Leave a comment
WA Storania.com