Alternatif dari bisnis waralaba atau franchise

Apakah Ada Alternatif Dari Bisnis Waralaba Atau Franchise?

Apakah ada Alternatif Dari Bisnis Waralaba Atau Franchise? Mungkin Anda bertanya-tanya model bisnis lain apa sih yang ada dan sering digunakan oleh para pebisnis di pasaran untuk mengembangkan bisnis mereka.

Jawab: ada dua alternatif dari bisnis waralaba atau franchise yang populer digunakan oleh pebisnis atau pengusaha untuk memperluas pasar dan kanal distribusi mereka adalah:

[sociallocker]

Model Bisnis Distributor

Dalam model bisnis ini, distributor biasanya:

  • Memiliki kontrak hubungan kerjasama dengan penyalur.
  • Membeli secara grosir dari penyalur dan menjualnya secara satuan / retail.
  • Paham benar dengan pasar dan pelanggan.
  • Diperbolehkan untuk menjalin kerjasama dengan penyalur / usaha / bisnis lain.
  • Tidak menerima layanan pelatihan atau layanan dalam dukungan kerjasama lainnya.
  • Distributor yang membeli dalam jumlah sangat banyak biasa diperlakukan secara istimewa oleh penyalur dan oleh karenanya mungkin saja mereka akan menerima pelatihan ataupun dukungan kerjasama dalam bentuk lainnya.
  • Distributor juga mungkin saja diberikan banyak aturan oleh penyalur dan jika demikian model ini akan mulai menyerupai waralaba.

Contoh bisnis terkenal yang telah melakukan usaha macam ini adalah: Amway, Aqua, Knorr Soup, Colour Me Beautiful Cosmetics.

Model Bisnis Lisensi

Tidak sama halnya seperti waralaba atau franchise, dimana franchisor memiliki kontrol yang signifikan atas operasi franchisee, pemberi lisensi terutama tertarik dalam mengumpulkan royalti dan mengawasi penggunaan lisensi daripada mempengaruhi operasi bisnis. Di sisi lain, pemegang lisensi wajib membayarkan sejumlah uang untuk menggunakan royalti.

Contoh: Canon, Woolmark, Apple Computers.

[/sociallocker]

Storania.com menghadirkan Direktori Waralaba. Bacaan hal lain yang masih berhubungan dengan Alternatif Dari Bisnis Waralaba Atau Franchise:

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp