Ragam Definisi, Pengertian, Apa Arti Dari, Yang Dimaksud Waralaba

Ragam Definisi, Pengertian, Apa Arti Dari, Yang Dimaksud Waralaba

Dalam kesempatan ini, Storania.com akan membahas Ragam Definisi, Pengertian, Apa Arti Dari, Yang Dimaksud Waralaba atau Franchise.

[sociallocker]

  • Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Waralaba atau Franchise adalah kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.
  • Menurut Wikipedia, Waralaba atau Franchise (bahasa Inggris: franchising; bahasa Perancis: franchise yang aslinya berarti hak atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.
  • Menurut versi pemerintah Indonesia,Waralaba atau Franchise adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
  • Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, Waralaba atau Franchise adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Kesimpulannya, waralaba atau franchise adalah:

  • suatu metode atau cara ekspansi atau mengembangkan atau memperluas bisnis dan usaha serta pen-distribusian barang dan jasa;
  • yang dilakukan dengan memberikan kuasa untuk menggunakan merek dan sistem dagang atau usaha terdaftar;
  • dalam bentuk lisensi oleh individu atau perusahaan selaku pemegang merek terdaftar (franchisor) kepada individu atau perusahaan yang biasa disebut dengan pemegang lisensi atau franchisor;
  • dikukuhkan dengan membuat surat perjanjian kerjasama resmi dan sah secara hukum (MOU);
  • dalam jangka waktu terbatas atau tidak terbatas yang telah disepakati oleh franchisor dan franchisee;
  • dan diikuti dengan pembebanan beberapa jenis biaya atau bahkan tidak ada biaya (contoh: biaya royalti, management fee, commitment fee) oleh franchisor kepada franchisee.

[/sociallocker]

Storania.com menghadirkan Direktori Waralaba. Bacaan hal lain yang masih berhubungan dengan Ragam Definisi, Pengertian, Apa Arti Dari, Yang Dimaksud Waralaba:

No Comments
prev next
Leave a comment
WA Storania.com