Siasat Bekerja dari Rumah

18.03.2020

Beberapa orang menemukan bahwa bekerja dari rumah bukanlah hal yang mudah dan menyenangkan. Ditambah lagi oleh keadaan saat ini yang memang terpaksa bekerja dari rumah untuk memutus rantai penularan Corona virus.

Melansir laman Bloomberg, Jumat (20/2/2020), berikut ini adalah strategi atau cara untuk menyiasati saat harus bekerja dari rumah:

1. Maksimalkan Produktivitas dengan:

  • Cobalah untuk tetap berpegang dengan rutinitas asli sebelum mulai bekerja dari rumah.
  • Saat bangun jangan langsung bekerja. Beri diri sedikit waktu usai bangun tidur untuk rutinitas sebelum ke kantor, seperti minum kopi, atau membuat sarapan. Berganti pakaian, bukan lagi baju tidur.
  • Bila memungkinkan, cobalah untuk mengatur ruang kerja di rumah atau bila tidak memungkinkan, cukup cari ruangan yang cukup terang atau memiliki pencahayaan alami sebanyak mungkin.


2. Tetapkan Batas

  • Saat bekerja di rumah, perlu menekankan saatnya Anda harus berhenti. Sebagai contoh, tahan keinginan untuk kembali ke komputer setelah makan malam supaya kehidupan kerja tidak akan mempengaruhi kehidupan rumah secara fisik dan mental.
  • Jika memungkinkan, tentukan area kerja, dan bukan menggunakan meja dapur atau tempat tidur. Ini membantu memberikan ruang mental yang lebih baik daripada yang mungkin Anda pikirkan.


3. Kehadiran Anak-anak di Rumah

Dengan kehadiran anak-anak di rumah, tentu menjadi tantangan tersendiri untuk bekerja dari rumah. Anda tentu sejatinya ingin bekerja secara optimal dan tidak terganggu oleh anak-anak, namun anak-anak akan terus mencari Anda karena mereka mengira hari itu adalah liburan.

Ada beberapa hal untuk atasi ini:

  • Pikirkan kegiatan untuk mereka, seperti pekerjaan rumah tangga yang ringan atau meminta membereskan mainan.
  • Bicarakan dengan anak-anak tentang kondisi yang terjadi.
  • Berjaga anak secara bergantian dengan suami / istri bila berduanya bekerja dan mintalah rekan dan atasan Anda pengertian.

4. Aturan Jaga Jarak

Bagi yang masih belum berkeluarga dan kerja merantau, adanya aturan jaga jarak bukan hal mudah, terutama jika bagi seseorang yang terbiasa dengan kantor yang ramai dan hidup di kos. Misalkan saat jam makan siang, yang biasanya bersama rekan kerja, kini sendiri.

  • Hal ini bisa disiasati misalkan makan siang sembari nonton Youtube atau TV.
  • Anda juga dapat mencoba menonton film dengan sahabat Anda, melalui jarak jauh.
  • Jika happy hour sudah menjadi kebiasaan rutin sebelum bekerja dari rumah, cobalah untuk membuatnya kembali secara virtual. Meskipun aneh pada awalnya, tapi memang hal bagus untuk terhubung dengan orang-orang di luar “kantor” yang ada saat ini.


5. Jaga Kesehatan

Lesu dan penambahan berat badan bisa terjadi saat bekerja dari rumah. Sebab mungkin seseorang menjadi kurang gerak.

Lakukanlah latihan di rumah. Pertimbangkan untuk menggelar tikar yoga atau melakukan olah raga dengan melihat rekaman dari video. Jangan lupakan untuk memakan makanan yang sehat demi menjaga kebugaran tubuh.

Selamat bekerja dari rumah!

No Comments
prev next
Leave a comment
WeCreativez WhatsApp Support
STORANIA.COM
Ada yang bisa kami bantu?