Sebab dan Cara Atasi Email dengan Lampiran Terkirim Beberapa Kali di Outlook

14.08.2020

Outlook dan Outlook Express sering mengalami kesulitan dalam mengirim email dengan lampiran (attachment) berukuran besar; email terkadang macet di kotak keluar (folder Outbox) tetapi sebenarnya sedang dikirim ke penerima dan penerima mendapat beberapa (misalnya 20) salinan dari email yang sama.

GEJALA:

  1. Biasanya yang terdampak adalah hanya ke satu akun user saja dan tidak terhadap semua user email.
  2. Pesan dengan lampiran tersebut terkirim lagi dan lagi secara berulang. Namun, berhenti ketika Anda menutup Outlook. Dan kembali dikirim lagi secara berulang saat Anda membuka Outlook.

PENYEBAB:

I. Perangkat Lunak Anti-virus / Anti-malware di Workstation Anda

Penyebab paling umum mengapa email yang sama dikirim beberapa kali adalah setelan pada software Anti-Virus Anda yang mengaktifkan fitur scanning terhadap pesan yang keluar (outgoing mails). Hal tersebut, sayangnya, dapat membuat Outlook terkadang berperilaku aneh: “baik, pesan ini tidak terkirim jadi dikirim lagi … dan lagi”.

Solusi:

LANGKAH 1: Non-aktifkan fitur scanning terhadap pesan yang keluar (outgoing mails) dan cukup aktifkan terhadap pesan yang masuk saja (incoming mails) di software Anti-virus / Anti-malware Anda.

Bila Anda menggunakan Kaspersky, kebetulan dalam artikel ini kami juga memberikan contoh pada antivirus Kaspersky.

Bila Anda menggunakan AVG, gambar berikut ini cara men-nonaktifkan Email Shield > Scan Outbound di AVG:

Bila menggunakan merek lain selain Kaspersky dan AVG, silahkan konsultasikan dengan vendor Antivirus Anda.

 

LANGKAH 2: Lihat ke folder Outbox di Microsoft Outlook Anda, dan cari dan hapus pesan yang dikirim berulang tersebut. Menghapus pesan tersebut adalah aman, karena dipastikan itu pesan yang macet / tersangkut di folder Outbox dan menyebabkan Outlook akan terus-menerus mencoba mengirimnya selama tersangkut di folder Outbox.

 

LANGKAH 3: Restart komputer Anda agar perubahan diterapkan.

 

II. Batasan pada kotak surat Outlook Express

Outlook Express memiliki batas ukuran file 2GB untuk kotak suratnya. Terkadang folder Sent dapat melebihi batasan ini saat email dengan lampiran besar dikirim secara berlebihan.

Jika demikian, Anda dapat membuat folder baru di Outlook Express (sebut saja seperti Sent – Archived) dan memindahkan semua pesan terkirim Anda ke dalam folder baru tersebut. Anda pun kemudian akan memiliki arsip dari semua pesan terkirim Anda jika Anda perlu merujuknya nanti, dan selanjutnya kosongkan folder Sent.


Selamat mencoba!

No Comments
next
Leave a comment
WeCreativez WhatsApp Support
STORANIA.COM
Ada yang bisa kami bantu?