Manfaat dari rencana pemasaran

Manfaat dari Rencana Pemasaran

17.03.2015

Sebuah rencana pemasaran, di sisi lain, bisa bermakna banyak. Pada bahasan kali ini, kami ingin membahas Manfaat dari Rencana Pemasaran.

[sociallocker]

  1. Sebagai Patokan: rencana pemasaran Anda memberikan pasukan Anda sesuatu untuk dijadikan patokan. Anda ingin mereka merasa yakin bahwa kapten kapal memiliki kompas agar tahu bagaimana untuk menjalankan kapal, dan memiliki pelabuhan tujuan dalam pikiran. Perusahaan sering meremehkan dampak dari “rencana pemasaran” pada orang-orang mereka sendiri, yang ingin merasa menjadi bagian dari sebuah tim yang terlibat dalam upaya bersama. Jika Anda ingin karyawan Anda untuk merasa berkomitmen untuk perusahaan Anda, adalah penting untuk berbagi dengan mereka visi Anda di mana perusahaan tersebut menuju ke tahun-tahun mendatang. Orang-orang tidak selalu mengerti proyeksi keuangan, tetapi mereka bisa tetap bersemangat tentang rencana pemasaran yang ditulis dan direncanakan dengan baik. Anda harus mempertimbangkan merilis rencana pemasaran Anda – mungkin dalam sebuah versi singkat – seluruh perusahaan. Lakukan dengan beberapa gembar-gembor dan menghasilkan beberapa kegembiraan untuk petualangan yang akan datang. Karyawan akan menghargai Anda karena telah melibatkan mereka.
  2. Sebagai Indikator Sukses: Kita semua tahu bahwa rencana adalah hal-hal yang tidak sempurna. Bagaimana mungkin Anda bisa tahu apa yang akan terjadi 12 bulan atau lima tahun dari sekarang? Bukankah menyusun pemasaran berencana sia-sia dan buang waktu, lebih baik menghabiskan pertemuan dengan pelanggan atau fine-tuning produksi? Ya, mungkin tetapi hanya dalam arti sempit. Jika Anda tidak merencanakan, Anda sudah ditakdirkan, dan rencana akurat jauh lebih baik daripada tidak ada rencana sama sekali. Dalam analogi kami yakni Kapten Laut, lebih baik untuk melenceng 5 atau bahkan 10 derajat dari pelabuhan tujuan Anda daripada tidak memiliki tujuan dalam pikiran sama sekali.
  3. Petunjuk Operasional Perusahaan: Rencana pemasaran Anda adalah langkah-demi-langkah panduan untuk kesuksesan perusahaan Anda. Ini lebih penting daripada pernyataan visi. Untuk menyusun rencana pemasaran asli, Anda harus menilai perusahaan Anda dari atas ke bawah dan pastikan semua bagian bekerja sama dengan cara yang terbaik. Apa yang ingin Anda lakukan dengan perusahaan ini, anggap saja daftar perihal yang akan dilakukan dalam skala besar. Ini memberikan tugas-tugas tertentu untuk tahun ini.
  4. Buah Pikiran: Anda tidak mungkin ingat dengan tepat komponen laporan keuangan perusahaan Anda tiga atau empat tahun lalu. Dokumen tertulis Anda menjabarkan rencana Anda. Jika orang-orang pergi, dan orang-orang baru tiba, jika kenangan goyah, jika peristiwa membawa tekanan untuk mengubah kodrat, informasi dalam rencana pemasaran tertulis tetap utuh untuk mengingatkan Anda tentang apa yang Anda disepakati.
  5. Untuk Refleksi Perusahaan: Dalam sehari hiruk-pikuk bisnis yang kompetitif, sulit untuk mengalihkan perhatian Anda pada gambaran besar, terutama bagian-bagian yang tidak terkait langsung dengan operasional sehari-hari. Anda perlu mengambil waktu secara berkala untuk benar-benar berpikir tentang bisnis Anda – apakah itu memberikan Anda dan karyawan Anda dengan apa yang Anda inginkan. Ketika menulis rencana pemasaran adalah waktu terbaik untuk melakukan ini.

Idealnya, setelah menulis rencana pemasaran selama beberapa tahun, Anda dapat duduk kembali dan meninjau serangkaian rencana tadi, tahun demi tahun, dan memeriksa kemajuan perusahaan Anda. Tentu saja, kadang-kadang hal ini sulit untuk dibuat karena memang akan memakan, tetapi dapat memberikan pandangan obyektif yang tak tertandingi atas apa yang telah Anda lakukan dengan kehidupan bisnis Anda selama beberapa tahun.

[/sociallocker]

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp