Salah satu hal yang membuat pengusaha yang baik adalah kemampuan untuk secara akurat memahami dan mengelola risiko.

Cara Pengusaha Sukses Hidup dengan Resiko

Anda mungkin sering mendengar bahwa pengusaha adalah pemberani dari dunia bisnis, selalu mencari cara lain untuk merencanakan lompatan berikutnya.

Namun kenyataannya keberanian saja tidak cukup. Salah satu hal yang membuat pengusaha yang baik adalah kemampuan untuk secara akurat memahami dan mengelola risiko.

Kebanyakan pengusaha salah memperkirakan risiko dalam bisnis. Mereka sering tidak mempertimbangkan kesempatan untuk mencoba usaha baru.

Berikut adalah lima cara pengusaha sukses melakukan pendekatan risiko:

[sociallocker]

  1. Belajar untuk menerima dan merangkul ketidakpastian. Pengusaha sukses tidak melihat risiko sebagai masalah tetapi sebagai bagian integral dari menciptakan sesuatu yang bernilai.
  2. Dengan melakukan banyak pertimbangan dan perhitungan. Pengusaha sukses merenapkan prinsip-prinsip dasar manajemen risiko: Mereka mencari peluang di mana jika mereka gagal mereka kehilangan hanya nilai tertentu, tetapi jika mereka menang mereka bisa berdiri untuk mendapatkan 10 kali lebih banyak.
  3. Melihat dan mengejar peluang dimana orang lain tidak. Sementara pengusaha cerdas memahami batas mereka, mereka tidak mengizinkan kurangnya sumber daya untuk membatasi visi mereka. Howard Stevenson, seorang profesor lama di Harvard Business School, menulis bahwa kewirausahaan adalah “mengejar peluang di luar sumber daya dikendalikan.” Pengusaha melihat kebutuhan di pasar dan melakukan segala yang mereka bisa untuk membuat pilihan bisnis terjadi bahkan jika mereka tidak memiliki sumber daya di tangan pada saat itu. Bagi mereka, tidak mengejar peluang baru adalah definisi risiko itu sendiri.
  4. Melihat risiko sebagai sesuatu yang lebih baik daripada bekerja untuk orang lain. Bekerja untuk sebuah perusahaan besar tidak menjamin keamanan kerja. Banyak pengusaha memahami bahwa mereka mampu dan memiliki rasa percaya diri untuk melakukannya sendiri. Mereka lebih suka bertanggung jawab atas nasib mereka sendiri, bahkan jika itu berarti mereka mungkin gagal. Sebagai pemilik dan CEO, Anda selalu tahu ketika perusahaan saya akan gagal dan aku akan kehilangan pekerjaan Anda.
  5. Berpandangan bahwa bekerja untuk diri mereka adalah merupakan tempat latihan terbaik. Pekerjaan terbaik mengajarkan keterampilan orang yang membuat mereka lebih berharga di jalan. Bekerja di perusahaan besar yang telah jelas spesialisasi masing-masing karyawan maka akan menempatkan orang sebagai pada pekerjaan yang membatasi kemampuannya untuk belajar dan tumbuh. Banyak pengusaha yang bersedia untuk pergi keluar sendiri untuk mendapatkan pelatihan on-the-job yang mereka mungkin tidak mendapatkan tempat lain. Anda bisa berangkat untuk mempelajari pekerjaan Anda dengan bekerja di sebuah perusahaan besar tetapi dengan asumsi adanya peran terbatas dan berarti Anda akan mengambil langkah-langkah kecil menuju ke arah tujuan Anda.

[/sociallocker]

 

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp