Ini Limitasi atau Batasan Yang Konon Ada di Unlimited Hosting Indonesia

10.08.2019

Jakarta – Makin banyak konsumen hosting yang tergiur iklan unlimited hosting yang menjanjikan harga murah dan juga kapasitas penyimpanan yang konon katanya tiada batas.

 

Menelisik lebih jauh, benarkah unlimited hosting itu ada?

Dari hasil penelusuran ke beberapa perusahaan hosting Indonesia yang menawarkan unlimited hosting ini, tim Storania menemukan bahwa memang benar kapasitas penyimpanan (disk space) tidak dibatasi, namun ternyata di-limit / dibatasi pada banyak hal-hal lainnya seperti akan dijelaskan dibawah ini.

Berikut ini adalah limit / batasan yang konon katanya Unlimited Hosting dengan harga murah:

  1. Batasan penggunaan I/O atau Input / Output, hal ini erat berhubungan dengan kemampuan untuk menerima input oleh sistem dan menyimpan data di HDD, dan ternyata dibatasi hanya boleh 4MB (bisa berbeda dari setiap hosting, namun pada umumnya memberikan batasan 4MB saja). Penggunaan Disk Space juga masih sedikit seperti yang Anda lihat pada gambar yakni hanya baru 11.15GB, dan ketika limit tercapai maka muncul pesan 503 Out of Resource Error.

Gambar 1: Contoh batasan I/O yang dibatasi pada Unlimited Hosting

 

  1. Batasan penggunaan INODES. INODES menandakan jumlah semua file yang tersimpan di akun hosting Anda. Sebagai contohnya, satu email yang tersimpan di akun Anda menjadi 1 inode dan satu mail yang memuat 2 lampiran menjadi 3 inodes. File, video, file HTML, folder, dan file script apa pun akan dianggap inode. Silahkan kalkulasi sendiri berapa banyak file yang tersimpan dan berapa cepat sampai pada batasnya.

Gambar 2: Contoh batasan INODES yang dibatasi pada Unlimited Hosting

 

  1. Pembatasan Bandwidth. Sudah banyak hosting kekinian yang memang membebaskan penggunaan bandwidth bulanan, namun ternyata masih ada lho hosting yang belum membebaskan penggunaan bandwidth. Dampak dari pembatasan penggunaan bandwidth adalah 509 Bandwidth Limit Exceeded. Dan biasanya sebagai solusi dari masalah ini, Anda pun akan diminta untuk menggunakan CDN (Content Delivery Network) oleh penyedia hosting unlimited.

Gambar 3: Contoh penggunaan Bandwidth yang dibatasi pada Unlimited Hosting

 

Jadi, kini Anda pun sudah paham bahwa Unlimited Hosting ternyata tidak sebebas yang mungkin Anda harapkan.

 

Buka Dapur Orang Ya?

Maaf, bukan membuka dapur orang, disini kami tidak menyebutkan merek atau perusahaan hosting mana. Bila ada yang merasa dibuka dapurnya, berarti yang merasa itu adalah salah satu pelaku hosting yang menyembunyikan informasi dari konsumen.

Artikel ini murni kami buat karena merasa prihatin akan adanya perang harga antar penyedia hosting. Perang harga dan janji-janji terlalu manis ini telah menyebabkan kerugian banyak pihak, terutama merasakan adalah konsumen akhir itu sendiri yang terlanjur termakan janji lalu merasa tidak sesuai dan dirugikan, lalu mau pindah hosting tapi tidak bisa karena nama domain mereka tersandera di penyedia hosting tersebut.

Lantas, pihak kedua yang juga merasa dirugikan adalah perusahaan hosting lain yang sudah memberikan informasi terbuka seadanya menawarkan berbagai layanannya dan kini jadi sering dibanding-bandingkan dengan penyedia hosting “gombal” karena kekurang tahuan konsumen.

Demikian artikel ini kami buat dengan itikad baik dan semoga bermanfaat.

No Comments
prev next
Leave a comment
WA Storania.com