Email Marketing sudah tertinggal? Tidak, apalagi di Indonesia!

Bukti Email Marketing Terus Berkembang dan Tidak Tertinggal

29.12.2018

Email marketing bukan sesuatu hal baru, tetapi apakah sudah tertinggal? Jawabnya adalah tidak tertinggal!  Ini bukti email marketing terus berkembang dan tidak tertinggal dengan mengenali apa saja manfaat utama dari email marketing atau pemasaran email, terutama di Indonesia.

Email marketing atau pemasaran melalui email sudah hadir lebih dari 20 tahun, tetapi masih memainkan peran utama dalam bisnis modern. Email marketing terus berkembang dan untuk mendapatkan pelanggan baru, Anda harus terus memperbaharui konten agar tidak tertinggal. Dengan makin maraknya pebisnis yang melakukan email marketing, Anda perlu belajar bagaimana menggabungkan teknik tradisional dan digital untuk menarik perhatian pemirsa email Anda.

Email marketing bukan sesuatu hal yang baru, tetapi apakah sudah tertinggal? Jawabnya adalah tidak! Terutama di Indonesia, karena email baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1995-an, padahal di negara asalnya, email sudah ada lebih dari 50 tahun.

Bukti nyata bahwa email marketing akan terus ada dan berkembang:

  1. Aplikasi email di Smartphone Anda terus-menerus diperbaharui, dan tentu adalah tidak masuk akal bagi perusahaan teknologi canggih untuk berinvestasi mengembangkan aplikasi email bila memang nyatanya email sudah tertinggal atau ditinggalkan.
  2. Memiliki smartphone, Anda diwajibkan memiliki setidaknya akun GMAIL, atau LIVE.
  3. Bila Anda berjualan di marketplace kekinian seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee dan sebagainya, tentu Anda akan diminta alamat email sebagai salah satu syarat untuk bergabung.
  4. Perusahaan BUMN juga kini makin mengedepankan teknologi untuk komunikasi dengan pengguna dan memanfaatkan email sebagai jalur komunikasi, sebagai contoh: Pajak.
  5. Pekerjaan daring seperti menjadi Driver Ojek Online atau menjadi merchant yang berjualan di GO-FOOD dan layanan lain sejenisnya sudah pasti memerlukan email.
  6. Berjualan di department store sekelas Mal pun kini mewajibkan para tenant-nya menggunakan email.
  7. Gmail saat ini terus menambah fitur baru yang memudahkan pemasar untuk mengirimkan promosi lewat gmail seperti adanya discount annotations, lihat gambar dibawah ini:

gmail annotations untuk email promosi

Bukti nyata yang dijabarkan diatas menunjukkan bahwa email marketing akan terus ada, namun strategi Anda harus berubah bila mau sukses email marketing di jaman ini (cth: jangan asal beli, tembak, dan kumpulkan daftar kontak lalu menunggu dan berharap ada keajaiban). Email marketing jaman sekarang harus digunakan dengan daftar kontak tetarget dengan memperoleh ijin pemilik email terlebih dahulu sebelumnya. Hal ini berlaku di Indonesia dan juga di dunia.

 

Manfaat Utama dari Email Marketing atau Pemasaran Email di Indonesia dan Dunia

  1. Efisiensi biaya: bisa kirim banyak email dengan biaya yang murah dan tidak membuat bangkrut.
  2. Aksesibilitas: Email diakui sebagai alat komunikasi profesional yang sah, itulah sebabnya hampir setiap orang menggunakannya.
  3. Kesederhanaan: Alasan lain mengapa email begitu populer adalah kesederhanaannya. Teknologi ini mudah digunakan dan karena itu tersebar luas di seluruh dunia.
  4. Kesadaran merek: Anda dapat menggunakan platform email marketing ini untuk meningkatkan kesadaran merek dan membangun basis pengikut yang setia.
  5. Analisis: Sangat mudah untuk mengukur hasil dari upaya pemasaran email, sehingga Anda dapat dengan cepat meningkatkan strategi untuk menghasilkan solusi yang lebih efektif.

Jadi, kesimpulannya adalah untuk selalu tetap terbuka pada peluang dan kurangi kekhawatiran Anda, karena pengguna email masih sangat banyak dan terus bertambah.

Berikut ini bukti lain berupa data perkiraan jumlah pengguna email dan jumlah email yang dikirimkan di seluruh dunia:

Perkiraan Data Pengguna Email di Dunia dan Jumlah Email yang Dikirim di Dunia dari tahun 2017 - 2021

Bilamana, Anda sedang mencari platform email marketing, maka kami sarankan untuk menggunakan MAILISTIC / MAIL-LOGISTIC yang dikembangkan oleh Storania khusus untuk email marketing yang penuh manfaat ini.

MAILISTIC, PLATFORM Email Marketing di Indonesia

 

Sudah terbukti email marketing terus berkembang dan tidak tertinggal dengan mengenali apa saja manfaat utama dari email marketing atau pemasaran email, terutama di Indonesia.

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp