Rencana Bisnis

Tidak Salah Jika Melakukan Perencanaan Ulang Bisnis

Seringkali, perihal yang dibahas adalah bagaimana membuat suatu perencanaan bisnis. Hal ini seolah-olah Perencanaan Bisnis adalah segala sesuatunya dan Anda akan selalu baik-baik saja dengan memiliki perencanaan tersebut.

Pada kenyataannya berbeda. Sematang apapun rencana bisnis yang pernah Anda siapkan dan buat akan selalu berubah.

Hanya dalam hitungan beberapa bulan saja menjalani perencanaan bisnis, Anda sudah menemukan banyak perubahan bahkan mungkin kesalahan. Oleh karena ini lah, perencanaan bisnis harus dilakukan secara terus-menerus karena situasi dan kondisi yang mempengaruhi bisnis secara langsung ataupun tidak langsung terus berubah, apalagi di negeri tercinta Indonesia kita.

Maka dari itu, jangan malu apalagi merasa bersalah jika Anda terus berkala merencanakan ulang bisnis Anda. Tidak salah jika melakukan perencanaan ulang bisnis, memang sudah harus demikian.

Dalam artikel ini, mari kita bahas bagaimana mengetahui saat ketika suatu perencanaan bisnis harus direncanakan ulang.

[sociallocker]

Angka Penjualan yang Kian Merosot

Apabila Anda menemukan angka penjualan akan produk / jasa terlaris yang Anda miliki terus menerus merosot, maka mungkin saja ini adalah tanda adanya suatu masalah akan apa yang Anda coba tawarkan dengan kemauan dari pasar.

Beberapa hal yang menyebabkan ini dapat terjadi adalah …

Pertama, mungkin saja Anda mempekerjakan orang-orang pemasaran yang salah. Untuk mengetahui dengan pasti, cobalah berkomunikasi dengan tim pemasaran Anda dan coba cari tahu apa kendala yang mereka hadapi. Jika Anda mendapatkan lebih banyak komplain dari tim pemasaran Anda dan bukan solusi atau ide cemerlang bagaimana lebih memperkenalkan produk Anda, maka jelas Anda salah mempekerjakan mereka.

Kedua, mungkin situasi ini berlaku terhadap produk Anda. Ketika Anda melakukan penjualan, awalnya solusi yang Anda tawarkan tampak menjanjikan, namun ketika digunakan oleh pelanggan Anda ternyata banyak yang belum puas. Untuk mengantisipasi masalah ini, Anda dapat melakukan survei ke lapangan dengan menanyakan apa yang pelanggan suka dan tidak suka akan solusi yang Anda tawarkan, dan apakah mereka akan mereferensikan Anda kembali kepada orang lain atau tidak.

Angka Penjualan yang Terlalu Cepat Naik

Walaupun hal ini adalah mimpi yang diinginkan menjadi kenyataan oleh semua bisnis. Namun, Anda perlu waspada, angka penjualan yang terlalu cepat naik bukan berarti bebas dari masalah dan Anda dapat beristirahat.

Para pesaing yang melihat Anda tentu juga akan tertarik untuk bersaing di bidang yang sama dan mencoba mencari keuntungan dari hal ini. Jika memang model bisnis Anda mempunyai sedikit rintangan, maka saatnya bagi Anda untuk persiapkan model bisnis waralaba dan menjual waralaba Anda kepada para pebisnis Anda agar mereka tidak menjadi pesaing namun menjadi teman.

Kekurangan karyawan / tenaga manusia untuk mengurus dan melayani konsumen akan menjadi buruk bagi usaha Anda yang sedang naik daun. Tentulah, Anda harus menambah karyawan baru agar usaha Anda tetap dapat memberikan layanan yang terbaik, atau konsumen Anda akan pindah.

[/sociallocker]

Dengan demikian, apakah Anda masih malu atau merasa bersalah jika merencanakan ulang bisnis Anda? Mari, kerja dan jangan takut untuk berbuat positif dan melakukan kesalahan.

Salam sukses!

No Comments
prev next
Leave a comment
WA Storania.com