Outlook Tetap Aman Ketika Virus Scanner Integration di Non-Aktifkan atau Disabled

20.08.2019

Apakah aman untuk men-nonaktifkan / men-disabled Integrasi Virus Scanner di MS Outlook?

Kesan pertama mungkin tampak bahwa upaya men-nonaktifkan integrasi dengan virus scanner adalah hal yang sangat berbahaya karena akan memungkinkan virus untuk menyerang aplikasi MS Outlook dan pada gilirannya membahayakan data yang disimpan.

Pahami! Dengan men-nonaktifkan / men-disabled fitur Virus Scanner Integration di MS Outlook bukan berarti men-nonaktifkan / uninstall Antivirus pada sistem Anda sepenuhnya. Akan tetapi hanya men-nonaktifkan fitur integrasi virus scanning-nya saja di MS Outlook yang biasanya berupa ADD-IN agar tidak terjadi DOUBLE SCANNING yang memperlambat performa email dan komputer Anda.

Kabar gembira! Dalam kenyataannya adalah bahkan setelah integrasi pemindai virus di-non-aktifkan, software email klien MS Outlook tetap terlindungi dengan baik terhadap virus. 

 

Lalu Bagaimana MS Outlook Tetap Aman Setelah Integrasi dengan Virus Scanner Dinonaktifkan / Disabled?

  1. Layout MS Outlook memiliki fitur yang namanya ‘Reading Pane’ dan sudah memberikan keamanan. Ketika email dilihat di Reading Pane MS Outlook, keamanan internal tidak mengizinkan kode apa pun dijalankan. Oleh karena itu, tidak praktis bagi virus yang terlampir untuk menginfeksi program email. Hanya bila email di klik dua kali, dan kode tersebut berjalan dan menginfeksi klien email dengan virus.
  2. Tersedianya Fitur Pemindaian atau Scanning dan Pemblokiran Terhadap Lampiran Yang Terinfeksi Virus – MS Outlook membatasi mengklik dua kali pada beberapa lampiran email yang diduga memiliki virus, sebagai tindakan pencegahan. Jika ada lampiran lain termasuk virus, pemindai yang berjalan di latar belakang akan memblokirnya dari eksekusi sehingga melindungi Outlook. Pemindai saat akses adalah komponen pemindai virus yang berjalan di komputer. Hal ini berarti, walaupun fitur integrasi dengan Virus Scanner ini dinonaktifkan, Outlook tidak mencegah antivirus untuk melakukan pemindaian dan perlindungan akan sistem Anda.
  3. Memiliki pemindai virus yang terintegrasi dengan Outlook tidak meningkatkan tingkat keamanan. Ini karena pemindai saat akses menggunakan pengaturan anti-virus yang sudah terinstall di sistem Anda seperti pemindai yang terintegrasi dengan Outlook. Oleh karena itu, integrasi pemindai virus dapat dinonaktifkan tanpa bahaya sembari tetap aman dan terjamin.

 

Mengapa Non-aktifkan Integrasi Pemindai Virus dengan MS Outlook?

Integrasi pemindai virus yang diaktifkan menyebabkan lebih banyak masalah di MS Outlook dan karenanya disarankan untuk men-onaktifkannya.

Pesan error pada Outlook seperti 0x80004005, 0040109, 0x80040119, 0x80040600, 0x80040607, 0x80048002 disebabkan karena integrasi pemindai virus yang diaktifkan. Beberapa masalah yang biasa dihadapi terkait dengan proses mengirim / menerima email, masalah batas waktu, dll.

Beberapa Masalah yang Diketahui Mungkin Timbul dan Terkait dengan Send / Receive Proses Email

  1. Kinerja kirim / terima surat buruk
  2. Email hilang dan terkadang tidak terkirim
  3. Email macet di folder Kotak Keluar Outlook
  4. Kode HTML terlihat dalam pesan email
  5. Email dikirim berulang kali ke penerima
  6. Ukuran font menjadi 10 kali lebih besar dari aslinya
  7. Ketidakmampuan dalam mengirim surat dengan lampiran berukuran besar
  8. Surat duplikat dibuat di Kotak Masuk atau folder email lainnya

Beberapa Masalah yang Diketahui Mungkin Timbul dan Terkait dengan Time-out Proses Email

  1. Batas waktu pengoperasian sambil menunggu reaksi dari server POP penerima. Ini dapat diidentifikasi dengan kode kesalahan: 8004210A.
  2. Waktu habis sementara komunikasi sedang berlangsung dengan server.

Jadi, sekarang Anda sudah paham bahwa add-in integrasi dengan virus scanner pada Outlook justru malah mendatangkan lebih banyak masalah baru, oleh karenanya disarankan untuk me-nonaktifkan Add-In Virus Scanning di MS Outlook.

No Comments
prev next
Leave a comment
WA Storania.com