Apa Arti Email Marketing? Ini Arti dan Definisi Pemasaran Email Marketing

Apa itu Pemasaran Email? Ini Definisi Email Marketing

16.12.2018

Apa itu Pemasaran Email Marketing?

Definisi / arti dari email marketing adalah penggunaan email untuk mempromosikan produk dan layanan guna mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan calon pelanggan atau klien.

Pemasaran email termasuk salah satu kanal pemasaran online lewat internet. Pada dasarnya, email marketing sama dengan direct mail kecuali alih-alih mengirim pesan melalui layanan pos, pesan dikirim secara elektronik, yakni dengan email.

Jenis dan Ragam Email Marketing

  1. Email Newsletter – Ini adalah email yang dikirim ke daftar pelanggan yang telah memilih untuk menerima berita / kabar baru sesuai dengan topik yang mereka inginkan dari Anda. Newsletter biasanya tidak memiliki pesan penjualan yang eksplisit, tetapi berfungsi untuk membangun hubungan antara pelanggan dan merek. Mereka sering memiliki nada percakapan dan berisi berita dan informasi yang akan menarik bagi pelanggan. Tujuannya adalah untuk menjaga pelanggan tetap terhubung dengan perusahaan bahkan ketika mereka tidak membeli apa pun.
  2. Email Transaksional – Ini adalah email yang dikirim setelah tindakan tertentu memicu mereka. Ketika seorang pelanggan membeli produk atau membuat reservasi, email dikirim untuk mengkonfirmasikan transaksi tersebut. Mereka melegitimasi perdagangan online dengan memberi pelanggan cara untuk membuktikan bahwa mereka telah membeli sesuatu. Email transaksional sering juga mengandung pesan penjualan baru. Penelitian telah menunjukkan bahwa email transaksional dibuka 51,3% dari waktu, sedangkan buletin hanya dibuka 36,6% dari waktu. Mengetahui bahwa mereka memiliki pendengar, pemasar akan sering mencoba memasukkan penawaran penjualan baru ke email yang tidak secara eksplisit dijual. Misalnya, email reservasi maskapai sering menanyakan apakah Anda ingin meningkatkan kursi Anda dengan biaya tertentu.
  3. Email Langsung – Ini digunakan untuk memberi tahu pelanggan tentang produk baru, penjualan, dan penawaran khusus. Mereka menyediakan pelanggan dengan informasi langsung tentang produk dan biasanya menyediakan tautan atau cara mudah lainnya bagi pelanggan untuk mengakses produk. Mereka mirip dengan kupon, katalog, dan selebaran penjualan yang digunakan untuk dikirim melalui kantor pos.

Keuntungan Pemasaran Email Marketing

Pemasaran email marketing populer di kalangan perusahaan karena alasan berikut:

  1. Pengembalian investasi yang dapat dilacak bila dilakukan dengan baik dan benar (cth: daftar kontak tidak sembarang / beli). Pemasaran email sering dilaporkan sebagai yang salah satu pemasaran yang paling efektif.
  2. Dibandingkan dengan surat tradisional, pemasaran email lebih murah dan lebih cepat. Surat tradisional membutuhkan waktu untuk memproduksi karya seni, percetakan, pengalamatan, dan pengiriman surat.
  3. Email marketing menyediakan metode hemat biaya untuk menguji berbagai konten pemasaran. Data yang dikumpulkan diuji di saluran email dan kemudian dapat digunakan di semua saluran baik kampanye pemasaran cetak maupun digital.
  4. Pengiklan dapat menjangkau sejumlah besar subscriber email yang memilih untuk menerima komunikasi email tentang topik yang menarik bagi mereka.
  5. Pemasaran email lebih interaktif dan bisa langsung menghasilkan tingkat respons yang lebih tinggi dan nilai pesanan rata-rata yang lebih tinggi untuk bisnis e-commerce.

Kekurangan Pemasaran Email

  1. Surat dapat diklasifikasikan sebagai spam. Kotak masuk orang-orang dibanjiri email, baik diminta dan tidak diminta.
  2. Banyak server memiliki filter di tempat untuk mengurangi jumlah email yang tidak diinginkan. Orang juga dapat menyesuaikan filter email mereka sesuai selera mereka. Ini dapat menyebabkan email masuk ke folder spam dan tidak pernah dilihat.
  3. Pemasaran email membutuhkan uji coba secara terus-menerus untuk menjaga pelanggan agar tetap aktif. Pemasar harus bekerja untuk mempertahankan tingkat keterlibatan agar pembaca tidak berhenti berlangganan.

Tips Pemasaran Lewat Email / Email Marketing

  1. Buat daftar Anda sendiri. Membeli daftar email adalah buang-buang waktu. Yang akan Anda lakukan dengan mengirim email yang tidak diminta adalah mematikan sebagian besar orang yang Anda harapkan untuk berubah menjadi pelanggan dan berisiko dilabeli sebagai spammer.
  2. Patuhi peraturan UU CAM-SPAM. Aturan-aturan ini termasuk memiliki baris subjek yang tidak menipu, metode berhenti berlangganan, dan nama dan alamat Anda di akhir email.
  3. Jangan hanya mengirimkan iklan untuk dibeli setiap saat. Gunakan email Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan melalui berbagi keahlian Anda dan / atau orang lain, memberi mereka kiat dan wawasan yang dapat mereka nilai. Berikan informasi yang memungkinkan mereka mengetahui lebih banyak tentang Anda dan / atau perusahaan Anda jika itu menarik.
  4. Perlakukan daftar kontak Anda dengan baik. Ingat bahwa orang yang Anda gunakan email untuk berkomunikasi telah mempercayai Anda dengan email dan nama mereka; mereka pantas mendapatkan rasa hormat dari Anda. Sama seperti Anda layak mendapat kesempatan untuk mengubah mereka dari pelanggan menjadi penggemar dan menjadi orang-orang yang ingin berbicara tentang dan membagikan pesan Anda dan terlibat dalam cara apa pun yang mereka bisa.
  5. Patuhi jadwal jika Anda melakukan newsletter. Mengirim email pada hari atau hari biasa dapat membantu pelanggan Anda mengetahui apa yang diharapkan dari Anda dan kapan.

Bila Anda sedang mencari Layanan Email Marketing, silahkan kunjungi bagian Email Marketing disini.

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp