tips bersemangat kerja setelah liburan

Tips Bersemangat Kerja Setelah Liburan

10.06.2019

Setelah liburan yang luar biasa, kembali bekerja dan menjalani rutinitas sehari-hari dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang. Simak beberapa tips berikut ini tentang bagaimana agar cepat bersemangat kembali bekerja setelah liburan.

 

Mulailah Lebih Awal

Jika Anda ingin kembali bekerja, Anda harus bersiap. Tidurlah lebih awal pada malam sebelumnya, dan masuklah sedikit lebih awal agar terhindari dari padatnya lalu lintas. Hal ini telah terbukti akan mengurangi banyaknya beban kerja dan memberikan Anda permulaan yang lebih segar dan baik.

 

Atur Jadwal

Luangkan waktu beberapa menit untuk merencanakan hari Anda sebelum menyelam, fokus pada prioritas, dan jangan takut untuk meminta bantuan kepada rekan kerja.

Prioritaskan tugas dengan mengerjakan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu, dan ingatlah tugas apapun yang datang kepada Anda secara berurutan belum tentu yang datang terlebih dahulu itu lebih penting. Belajarlah untuk mengatakan ‘tidak’ pada tugas dengan prioritas rendah.

 

Menyusul yang Tertinggal

Sebelum menyelam kembali ke email dan proyek Anda, adalah penting untuk mendapatkan pengetahuan secara luas tentang bagaimana keadaan saat Anda pergi dan kira-kira apa yang akan Anda hadapi di hari tersebut. Anda dapat cari tahu apakah ada peristiwa besar atau perubahan yang terjadi.

 

Sayangi Diri dan Jaga Mood Anda

Anda mungkin mendapatkan bahwa semangat Anda tidak akan cepat hilang setelah kembali dari liburan, namun untuk tetap produktif, Anda tetap perlu menjaga psikis dan pikiran Anda ditempat kerja dengan memastikan Anda cukup beristirahat, meregangkan badan, dan makan dengan baik di siang hari, agar Anda tidak terjebak dengan stress yang malah menyebabkan Anda menjadi tidak produktif.

Bila memungkinkan, pastikan Anda pulang tepat waktu di minggu pertama Anda kembali bekerja, dan pulang, habiskan waktu bersama keluarga, lalu tidurlah yang cukup, dan memulai hari berikutnya dengan normal. Dari data statistik absensi kantoran, ternyata memang banyak orang bekerja lembur sebelum liburan demi mengejar tenggat waktu atau bahkan banyak yang masih bekerja ketika liburan karena memang tuntutan pekerjaannya.

 

Tetap fokus

Orang-orang mungkin bertanya kepadamu bagaimana liburan Anda. Lalu, memperhatikan aktivitas di media sosial dan berita utama akan membuat Anda merasa seperti kehilangan kontak dengan teman-teman dan dunia pada umumnya. Bila demikian, maka cobalah untuk fokus pada pekerjaan Anda.

Saran dari ahli psikologis adalah agar tidak memamerkan semua foto liburan Anda kepada rekan-rekan kerja, kecuali jika Anda sedang makan siang dan orang kepercayaan dekat Anda telah bertanya.

 

Pikirkan kembali momen bahagia Anda pada saat liburan

Alih-alih merasa jenuh karena kembali bekerja setelah liburan, lihatlah kembali kenangan terindah dari liburan dengan rasa terima kasih dan sertakan dengan rasa syukur bahwa hal, momen, dan kesempatan yang baik ini sudah dianugrahkan oleh Allah YME kepada Anda dan keluarga.

 

Demikian Tips Bersemangat Kembali Kerja Setelah Liburan. Semoga bermanfaat!

No Comments
prev next
Leave a comment
WA Storania.com