Sudahkah Website Anda Dioptimalisasi untuk Mobile-First Indexing?

10.02.2020

Google telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah memindahkan prioritas pencarian sedikitnya 70% dari semua situs di Internet ke Mobile-First Indexing. Dan sisanya 30% lagi akan selesai di September 2020 ini. 

Mobile-First Indexing maksudnya adalah Google memprioritaskan website-website yang telah dioptimalkan untuk dapat diakses secara mobile dari smartphone atau tablet baik dari segi struktur, desain, dan konten website. 

Adapun beberapa langkah berikut ini dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan mobile-first indexing:

  • Desain website untuk pengindeksan mobile-first adalah desain web yang responsif
  • Konten di halaman sama di versi seluler dan desktop
  • Data meta sama pada kedua versi
  • Data terstruktur sama pada kedua versi
  • Alat pengujian URL Google memungkinkan pemilik website untuk dengan mudah memeriksa versi desktop dan seluler dari suatu halaman. Jadi, Anda dapat memastikan Google (dan pengunjung) dapat melihat konten yang identik di desktop dan seluler.
  • Google secara khusus merekomendasikan untuk tidak menggunakan URL mobile terpisah (juga dikenal sebagai “m-dot”) karena mereka dapat menyebabkan “masalah dan kebingungan” untuk mesin pencari dan pengguna.

Sekarang ini sudah banyak yang browsing dari mobile smartphone mereka. Mobile-First Indexing berarti bahwa Google akan mengindeks tampilan mobile terlebih dahulu daripada tampilan desktop.

Agar website Anda tetap dapat ditemukan di mesin pencari, pastikan website Anda responsif, cepat, dan siap bergulir.

Meskipun Anda mungkin tidak melihat efek tersebut saat artikel ini ditulis, namun selalu lebih baik untuk berada di depan daripada berjuang untuk mengejar ketinggalan.

No Comments
prev next
Leave a comment
WeCreativez WhatsApp Support
STORANIA.COM
Ada yang bisa kami bantu?