Sewa Email Hosting Indonesia atau Buat Server Email Sendiri

14.07.2018

Berlangganan email hosting Indonesia yang bagus dengan menyewa email server Indonesia terbaik ataukah buat email server perusahaan sendiri. Dua opsi ini seringkali menjadi bahan pertanyaan dan pertimbangan banyak perusahaan dengan berbagai ukuran dan bidang.

Namun, diantara semua banyak perusahaan, seringkali kami temukan, umumnya pertanyaan dan pertimbangan ini muncul terutama karena dua alasan berikut ini:

  • Perusahaan sudah menyewa dedicated server atau collocation server, dan ingin menghemat biaya mereka dengan tidak menambah server lagi.
  • Ingin menjaga email agar tetap dikelola di server dan oleh anggota mereka sendiri.

Dalam artikel ini, kami mencoba membantu Anda membulatkan keputusan Anda, dengan menjabarkan beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan apakah akan berlangganan email hosting dengan menyewa email server Indonesia terbaik ataukah membuat email server perusahaan sendiri yang mungkin saja belum terlintas sebelumnya.

Bila Anda sewa email hosting di Storania.com…

Sewa server email hosting di Storania.com Anda bisa segera langsung mulai, untuk email pun kami enkripsi sehingga tidak bisa dibuka sembarangan bahkan oleh tim kami sendiri pun, namun tetap backup bisa dilakukan kapan saja Anda mau. Sekarang, Anda cukup pilih dan sesuaikan kebutuhan paket email hosting Indonesia mana yang terbaik bagi Anda:

 

Bila Anda hendak membuat email server perusahaan sendiri …

Anda akan membutuhkan:

  • Satu server dengan hardware dan spesifikasi yang lumayan dan terpisah dari server website Anda (bila sudah ada server website sebelumnya).
  • Dana untuk mengganti dan merawat hardware server Anda yang bisa rusak (sebagai catatan, server berjalan 24 jam, dan tidak pernah stop).
  • Satu alamat IP statis yang bisa Anda peroleh dengan menyewa dedicated server / collocation server / VPS pada umumnya.
  • 1-2 orang ahli untuk 1 server yang berpengalaman dan memang di-dedikasikan untuk membuat, mengoptimalkan performa, dan merawat server, serta selalu siap melakukan tindakan bila server ada masalah.
    • Sebagai catatan saja, kami menemukan dan sangat sayangkan bahwa di era digital dan teknologi ini masih sangat banyak perusahaan di Indonesia yang belum memisahkan tim system admin dengan tim developer. Seringkali, IT di sebuah perusahaan itu mencakup semua hal teknis, yakni sebagai IT Support, System Admin, dan Development juga. Padahal bila suatu ketika terjadi sesuatu masalah pada server disaat tim developer Anda sedang mengerjakan proyek lain, tentu akan menimbulkan kepanikan dan juga berbahaya terhadap kelanjutan daripada proyek besutan Anda dan mungkin menghambat pekerjaan satu kantor (apakah Anda benar-benar menginginkan ini?).

Manfaat yang dirasakan adalah merasa lebih aman terhadap kebocoran daripada email, karena email server ditangani oleh pihak internal perusahaan. Namun, bila Anda tidak menerapkan enkripsi dan keamanan lainnya maka manfaat itu hanyalah sebuah “wishful thinking”.

 

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp