Saat Anda Harus Kerja Selama Libur

Saat Anda Harus Kerja Selama Liburan

06.06.2019

Ketika musim liburan telah tiba, separuh pikiran Anda mungkin sudah berada di suatu tempat bersama keluarga atau teman-teman. Namun, nyatanya Anda akan tetap bekerja / bertugas di kala yang lain menikmati liburan. Jadi, bagaimana Anda tetap fokus bekerja / bertugas sementara kebanyakan keluarga dan teman-teman liburan?

Adalah normal ketika rasa malas pun muncul. Tentu hal tersebut adalah manusiawi, karena manusia adalah makhluk sosial, apalagi bila Anda mengetahui benar bahwa keluarga dan teman-teman Anda sedang berkumpul menikmati liburan, tetapi Anda harus tetap bekerja.

Malas-malasan sah saja, asal tidak berhenti total menjadi produktif. Meski Anda tidak akan serajin hari biasanya, namun Anda tetap bisa produktif bekerja selama liburan.

 

Sadarilah bahwa bekerja adalah beribadah

Artinya, ketika Anda bekerja, Anda pun menunaikan ibadah, maka sampaikan lah doa-doa dari hati Anda agar keluarga dan teman-teman Anda yang sedang berlibur dapat menikmati waktu kebersamaan mereka dan agar Anda pun dapat menyusul di-lain waktu.

 

Kini Istilahnya Adalah Work-Life Integration

Kini bukan soal work-life balance lagi, melainkan sudah soal work-life integration. Sebagai manusia modern pada waktu tertentu pekerjaan akan masuk ke dalam kehidupan pribadi. Maka diperlukan kecerdikan agar pekerjaan yang masuk tidak menindas kehidupan pribadi, tapi malah berjalan berdampingan. Alih-alih stress dan marah gara-gara urusan kantor merasuki kehidupan pribadi, ada baiknya kalau Anda menerima bahwa interupsi pekerjaan adalah bagian dari hidup.

 

Hanya Kerjakan Tugas-tugas yang Memang Penting

Kenali apa saja kewajiban Anda, prioritaskan tugas-tugas dan kewajiban Anda. Tentukanlah:

  • Pekerjaan mana yang bisa menunggu, dan mana yang tidak boleh ditunda lagi?
  • Pekerjaan mana yang bisa menunggu hingga liburan selesai, atau pekerjaan mana yang bisa di-drop atau tak dikerjakan sama sekali?

Melihat daftar pekerjaan yang tertata dan minimal akan menimbulkan kepuasaan psikologis yang luar biasa. Anda akan bebas dari rasa terbebani dan lebih enjoy dan bersemangat bekerja pada saat liburan.

 

Tetap Fokus

Berusaha untuk terus fokus pada pekerjaan di saat separuh pikiran lagi membayangkan bersantai dan berkumpul dengan keluarga memang sulit. Namun cobalah bayangkan apa jadinya liburan Anda nantinya bila sudah saatnya dan Anda terlalu banyak menunda pekerjaan dan membiarkannya menumpuk, malah kacau bukan?

Putar musik kesukaan Anda atau musik ketika Anda libur terakhir waktu bersama keluarga untuk menjaga mood dan konsentrasi.

 

Lihat Sisi Baiknya

Syukuri pekerjaan Anda bahwa Anda akan mendapatkan uang bersamaan di kala liburan, dimana orang lain sedang mengeluarkan uang untuk liburan, malah Anda mendapatkan rejeki. Pemerintah Indonesia sebetulnya telah mengatur undang-undang perihal uang lembur disaat kerja ketika waktu liburan. Dan selalu ingat, Anda pun tidak sendirian bekerja karena masih banyak orang lain pun tetap bekerja ketika liburan karena profesi.

 

Stop Bermain di Media Sosial Sementara Waktu

Untuk sementara waktu matikan dulu notifikasi dari media sosial di ponsel pintar Anda, dan jangan lupa untuk menghentikan pengiriman notifikasi ke inbox e-mail. Usahakan e-mail hanya khusus buat urusan penting bukan nofifikasi dari media sosial. Langkah-langkah ini akan mengurangi resiko distraksi dari pekerjaan oleh media sosial.

Lagi pula, Anda tentunya kan sudah bisa menebak seperti apa isi media sosial disaat musim liburan.

 

Hadiri Perayaan Sekecil Apapun Itu di Tempat Kamu Bekerja Yang Diadakan Pihak Manajemen

Pihak manajemen di Indonesia pun biasanya manusiawi, walau Anda tetap mengemban tanggung jawab di waktu liburan, pasti tetap akan dihadirkan perayaan-perayaan di tempat Anda bekerja untuk meningkatkan silaturrahim. Entah sekecil atau sebesar apapun itu, pastikan Anda hadir dan ikut menikmati jamuan dan waktu kebersamaan tersebut untuk bersilaturahmi, lagi pula ini liburan.

 

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat. Tak lupa, Storania.com pun ingin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kesetiaan, dedikasi, dan pelayanan yang diberikan oleh para pekerja yang tetap bersemangat kerja sewaktu liburan.

 

 

 

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp