Mengenal Apa Itu IP atau Domain Blacklist pada Email

11.06.2019

Mengenal Apa Itu IP atau Domain Blacklist pada Email

IP / Domain Blacklist atau yang dikenal sebagai DNSBL atau RBL (DNS Blacklist atau Realtime Blacklist) adalah daftar pemblokiran spam, yang dapat mencegah server email Anda mengirim email. Bilamana Anda menemukan server email Anda telah masuk daftar hitam, beberapa email yang Anda kirim mungkin tidak pernah terkirim.

 

Penyebab IP atau Domain Masuk Daftar Hitam (Blacklist)

Penyebab 1: Karena Email Spoofing

Email spoofing, yaitu pemalsuan pada bagian header email, sehingga email yang dikirim seolah-olah dikirimkan dari email yang valid. Biasanya, nama atau alamat email pengirim dan isi pesan diformat agar tampak seolah-olah berasal dari sumber yang sah seperti bank, surat kabar, atau perusahaan yang sah di web. Lalu, dalam jumlah yang sangat masif, email palsu ini pun dikirimkan dengan mengatasnamakan IP / Domain Anda, sehingga pada akhirnya untuk menghentikan aktivitas pemalsuan (spam) ini maka IP / Domain Anda pun diblokir. Bila Anda ingin tahu lebih lanjut perihal email spoofing, silahkan kunjungi artikel ini.

 

Penyebab 2: Karena Aktivitas Email Marketing yang Bukan Pada Tempatnya

Walau pun Anda telah berlangganan mail hosting yang bagus, namun bilamana Anda mengirimkan email marketing bukan pada platform yang dikhususkan untuk mengirimkan email dalam jumlah besar atau Anda menyadari telah membeli daftar email namun tetap saja mengirimkan email ke sejumlah daftar email yang telah Anda beli tersebut, maka IP / Domain Anda mungkin pun bisa masuk ke dalam daftar hitam (blacklist).

Bila kebutuhan Anda untuk email marketing, supaya terhindar dari masalah IP / Domain Blacklist pastikan Anda mengirimkan email marketing menggunakan platform yang sudah didesain untuk itu. Di Storania, kami menyediakan platform ini, namanya MAILISTIC (MAIL-LOGISTIC).

 

Bagaimana Storania Dapat Membantu?

Bila Anda hosting email di Storania.com, mail server kami sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan berikut:

✔ Anti-Spoofing
✔ Instant Email-Spoofing Alert untuk mendeteksi dan menghentikan aktivitas Email-Spoofing yang sedang terjadi
✔ Traffic Shaping dengan Machine Learning: Berperan sebagai polisi lalu lintas dalam mengatur traffic antar email server guna mengurangi false-positive agar IP/Domain Anda tidak masuk dalam daftar hitam karena terlalu cepat / lama memproses email.

Kedua fitur Instant Email-Spoofing Alert dan Traffic Shaping ini hanya ada di mail server Storania saat ini, oleh karenanya, dengan hosting email di Storania.com sudah dipastikan IP / Domain Anda tidak akan masuk ke Daftar Hitam / Blacklist oleh karena Email Spoofing.

Kunjungi tautan berikut dan segeralah berlangganan EMAIL HOSTING di Storania.com atau hubungi WA Bisnis kami di +62 812 1019 9997. Harga dalam kurs Rupiah bukan yang lain.

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp