Arti, Penyebab, Cara Atasi POP3 Lock Session

Arti, Penyebab, dan Cara Mengatasi Error POP3 Lock Session

19.06.2019

Bagi pengguna email POP3 kemungkinan Anda menemukan laman ini karena memperoleh pesan error POP3 Lock Session ketika Anda mencoba untuk mengakses email Anda. Bagi pengguna email IMAP, Anda tidak akan pernah menemukan pesan error ini.

Ilustrasi Arti, Penyebab, Cara Atasi POP3 Lock Session

Illustrasi pesan error POP3 Lock Session pada MS Outlook, Thunderbird, dan iPhone

 

Apa Arti Pesan Error POP3 Lock Session?

Artinya, ada beberapa klien sedang mengakses mailbox email pengguna yang sama entah itu dari smartphone, laptop, ataupun PC.

Sesuai desain, server POP3 hanya melayani satu contoh pengguna pada waktu tertentu. Berarti jika Anda memiliki dua atau lebih klien POP3 yang terhubung sebagai pengguna yang sama baik itu dari smartphone, laptop, atau PC, maka server hanya akan melayani satu klien. Sebelum melayani klien, server POP3 mengunci mailbox email pengguna sehingga tidak dapat dibuka oleh klien lain. Maka itu, muncul lah pesan POP3 Lock Session ini ketika ada klien lain mengaksesnya secara bersamaan.

 

Apa Penyebab POP3 Lock Session?

Ada beberapa penyebab, yakni:

  1. Kesalahan ini terjadi ketika dua atau bahkan beberapa program berbeda mencoba untuk membuka kotak surat elektronik Anda. Misalnya, Anda mungkin meminta Outlook Express memeriksa email Anda setiap 5 menit di kantor, dan pada saat yang bersamaan Anda mencoba membuka email Anda menggunakan Webmail atau Smartphone secara bersamaan.
  2. Alasan lain adalah program email Anda macet saat mencoba mengambil email. Dalam hal ini, kotak surat Anda mungkin tetap terbuka sampai ditutup secara otomatis beberapa menit kemudian. Biasanya dikarenakan sedang mengunduh lampiran yang cukup besar dan sambungan internet yang tiba-tiba terputus ketika sedang mengambil email.

 

Cara Mengatasi POP3 Lock Session

Spesifikasi POP3 dalam dokumen rancangan POP3 RFC mengharuskan server harus mengunci file untuk mencegah kerusakan. Oleh karena itu, mengubah spesifikasi ini akan melanggar aturan dalam POP3 RFC, dan kemungkinan besar akan menyebabkan file rusak.

Solusinya adalah ganti POP3 dan gunakan IMAP. IMAP memang didesain untuk berjalan di banyak perangkat dan ada fitur sinkron otomatis guna kenyamanan Anda dan keseragaman data email ketika Anda mengaksesnya dari banyak perangkat, bahkan saat Anda mengakses email pada banyak perangkat secara bersamaan pun tidak akan timbul masalah sinkronisasi.

Bilamana Anda ingin tetap menggunakan POP3 untuk alasan tertentu, maka beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah

  • Pastikan Anda selalu menggunakan IMAP di smartphone Anda, dan bukan POP3. Hal ini setidaknya mengurangi kemungkinan POP3 Lock Session ini muncul.
  • Menunggu hingga POP3 Lock Session ini berakhir (biasanya sekitar 3 – 10 menit). Atau bila tidak sedang mengunduh lampiran yang besar, dan memang dikarenakan program email Anda yang macet, tutuplah program email Anda dan buka kembali, namun hal ini tidak sepenuhnya tergantung pada berapa lama penguncian akan dilakukan yang telah di-setel di server mail POP3.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

No Comments
next
Leave a comment
WA Storania.com