Apa sih "451 Temporary local problem - please try later" ?

Apa sih “451 Temporary local problem – please try later” ?

Bila skenarionya adalah Anda mengirim email, lalu email terkirim tanpa masalah, namun kemudian memperoleh pesan kembali dengan pesan error bahwa server email penerima saat ini sedang mengalami 451 Temporary local problem,  yang biasanya ditampilkan seperti dibawah ini:

(host mail.nama-domain-klien.com[111.222.33.44] said: 451 Temporary local problem 
- please try later (in reply to RCPT TO command))

devan@nama-domain-klien.com
julianti@nama-domain-klien.com

Maka berikut penjelasannya…

Pesan kesalahan “451 Temporary local problem” bukan berasal dari hosting server email pengirim, namun berasal dari hosting server email tujuan Anda (server email si penerima email Anda).

Biasanya, 451 Temporary local problem disebabkan oleh server email penerima menolak email Anda. Hal ini dapat terjadi karena beberapa kemungkinan sebagai penyebabnya, yakni:

  1. Kemungkinan 1 dan paling umum adalah karena server penerima kelebihan beban dengan pesan atau telah mencapai limit email harian.
  2. Kemungkinan 2 adalah server penerima telah mencantumkan IP greylist, dan karena itu menunda pesan sampai dapat memverifikasi bahwa server pengirim tidak mencoba mengirim spam.
  3. Kemungkinan 3 adalah server penerima mungkin sedang offline.

Kemungkinan 2 dapat dengan segera diketahui karena email yang ditolak tadi biasanya akan ditampung dalam MailQueue untuk kemudian dikirimkan kembali, biasanya setelah 10 – 15 menit (paling lama 4 jam) dan setelah dikirimkan kembali, biasanya email Anda pun akan segera diterima oleh si penerima.

Yang paling umum adalah Kemungkinan 1 karena biasanya hosting server email selalu menerapkan batasan email per jam (limit email per jam), contoh: 300 email per jam, 2000 email per jam. Bila tidak diproteksi dengan baik, maka kemungkinan server email penerima sedang diserang malware yang mengirimkan email spoofing ribuan email per detiknya dan menghabiskan limit email harian mereka. Dengan demikian mengakibatkan mereka tidak bisa menerima / mengirim email.

Yang perlu Anda lakukan bila menerima pesan error 451 Temporary local problem adalah hubungi segera si penerima email Anda dan beritahukan pesan error tersebut agar mereka bisa segera menghubungi hosting email atau IT Administrator perusahaan mereka.

 

Bila skenarionya Anda sedang akan mengirim email dan langsung peroleh pesan 451 Temporary Local Problem setelah klik tombol Kirim seperti ini:

Message not sent. Server replied:
Requested action aborted: error in processing
451 Temporary local problem – please try later

Maka berikut penjelasannya…

Yang bisa perbaiki ini adalah pemegang root server, alias pemilik server, bila Anda adalah user,  silahkan sampaikan ke pemilik servernya atau bisa tunjukkan link ini untuk memperbaikinya.

Solusi utamanya ada sebuah file di :

/etc/localdomains

Silahkan edit file tersebut dengan CPANEL atau WHM, atau bila melalui SSH, bisa menggunakan NANO/PICO/VI editor tergantung selera. Pastikan nama domain Anda telah terdaftar disana, dan bila belum, tambahkan domain yg error tersebut, kemudian simpan. Silahkan cek dengan mengirimkan email.

Namun bila Anda hosting email di Storania.com, Anda tidak perlu repot-repot mengerti dan melakukan semua ini sendiri, silahkan hubungi tim Support kami dan akan segera dibantu.

Untuk hosting email yang lebih terjamin kualitas dan kemampuannya dalam menerima dan mengirim pesan, silahkan pertimbangkan Paket Email Hosting Storania.

 

No Comments
prev next
Leave a comment
WhatsApp